Cara Kerja TCP/IP

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah protokol yang dijadikan standar dalam proses komunikasi data. Protokol TCP/IP terdiri dari beberapa protokol (protocol suite), yaitu protokol TCP dan IP. Tugas umum dari protokol ini adalah menangani masalah pertukaran data antar komputer di dalam jaringan dan menjamin data yang dikirim sampai ke komputer tujuan.

Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an dengan menggunakan model referensi DARPA. Mirip dengan model OSI, model referensi DARPA memiliki beberapa layer dimana setiap layer di bawah akan memberikan layanan pada layer di atasnya.  

TCP/IP memiliki 5 lapisan dalam proses komunikasi data, yaitu Physical, Data Link, Network, Transport, dan Aplication.

Baca juga : TCP/IP Layer dan Fungsinya

Cara kerja TCP/IP :

Cara kerja protokol TCP/IP


  1. Datagram dipecah menjadi bagian-bagian kecil sesuai dengan bandwith dimana data tersebut akan dikirim.
  2. Pada Lapisan TCP/Transport, data tersebut "dibungkus" dengan informasi header yang dibutuhkan. Misalnya seperti cara mengarahkan data tersebut ke tujuan, cara merangkai kembali ke bagian-bagian data tersebut jika sudah sampai tujuan, dan sebagainya. Proses ini terjadi pada lapisan Transport. 
  3. Setelah datagram itu dibungkus dengan header TCP, datagram tersebut dikirim kepada lapisan IP/Network.
  4. IP/Network menerima datagram dari TCP dan menambahkan headernya sendiri, yaitu alamat IP sumber dan tujuan. Proses ini terjadi pada lapisan Network. 
  5. Datagram yang sudah diberi header oleh IP/Network, lalu diteruskan ke lapisan Data Link. Di sini datagram diberi alamat MAC sumber dan tujuan.
  6. Komputer penerima melakukan perhitungan proses-proses perhitungan, memeriksa perhitungan checksum yang sama dengan data yang diterima. 
  7. Jika kedua perhitungan tersebut tidak cocok, berarti ada error sewaktu pengiriman dan datagram akan dikirimkan kembali oleh lapisan Transport. 

Singkatnya, seperti pada gambar di atas, perjalanan data yang dilakukan melalui protokol TCP/IP adalah :

  1. Protokol TCP memecah data ke dalam paket-paket kecil. 
  2. Paket-paket itu melakukan perjalanan dari router ke router melalui internet sesuai dengan protokol IP.
  3. Setelah sampai, protokol TCP merakit kembali paket-paket tersebut ke dalam bentuk semula. 

Demikian penjelasan mengenai cara kerja protokol TCP/IP. Semoga bermanfaat.


Gambar & referensi : Sumber, sumber, sumber.  

1 Response to "Cara Kerja TCP/IP"

  1. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! keep up the good work... https://192-168-i-i.com/192-68-0-1/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel