Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari minimal dua buah komputer yang saling terhubung dan saling berinteraksi melalui media transmisi dengan tujuan agar dapat berbagi data atau perangkat keras, seperti printer, scanner, dll. Jaringan komputer dibangun menggunakan topologi tertentu tergantung jenis jaringan yang akan dibuat.

Jaringan komputer digunakan untuk memudahkan user dalam melakukan pekerjaan di dalam lingkungan yang menuntut setiap user saling berkomunikasi. Selain untuk komunukasi, jaringan komputer juga digunakan untuk sharing perangkat. Dengan melakukan sharing perangkat, setiap user dapat menggunakan sumber daya yang sama. Hal ini tentu saja membuat penggunaan device menjadi lebih maksimal dan menekan biaya pengadaan perangkat. 

Jenis-jenis jaringan komputer


Berdasarkan letak geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi beberapa jenis :

LAN 

Jaringan LAN


LAN atau Lokal Area Network adalah jaringan yang mencakup area yang kecil, misalnya kelas, sekolah, gedung, kantor, atau warnet. LAN digunakan untuk menghubungkan setiap node dan juga dapat digunakan untuk melakukan file sharing ataupun share device dengan mudah ke setiap node  dalam jaringan yang sama.

Kebanyakan LAN adalah jaringan kabel dengan menggunakan kabel UTP Straight yang dihubungkan ke hub/switch yang memiliki kecepatan transfer 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain menggunakan media fisik, jaringan LAN juga dapat dibangun menggunakan teknologi nirkabel, yaitu wireless.

MAN

Jaringan MAN


MAN atau Metropolitan Area Network adalah jaringan yang lebih besar dari LAN, mencakup suatu daerah atau kota tertentu. Bisa dibilang jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan MAN cocok digunakan untuk menghubungkan perkantoran, gedung, kampus, ataupun instansi pemerintahan yang masih berada di satu kota. 

WAN

Jaringan WAN


WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang dapat menghubungkan antar negara, bahkan benua. WAN terdiri dari berbagai jaringan yang saling terhubung. Internet yang kita gunakan saat ini adalah teknologi WAN. Dengan internet, kita dapat saling bertukar data dan berkomunikasi dengan orang yang jauh di sana hanya lewat depan layar. 


Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Macam-Macam Topologi Jaringan Beserta Gambarnya

0 Response to "Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel