5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli komputer rakitan

Salah satu hal yang paling menyenangkan saat membeli sesuatu adalah ketika kita bisa menentukan spesifikasi barang tersebut. Misalnya, ketika membeli motor, kita bisa memilih motor jenis apa yang ingin dibeli, berapa ukuran cc nya, matic atau manual, dan lain sebagainya. Atau, Ketika ingin membeli rumah, kita bisa menentukan tipenya, luas bangunan, berapa jumlah kamar, bahan bakunya mau pakai batu bata atau batako, dll.

Pasti menyenangkan. Hasilnya jadi lebih puas. 

Begitupun dengan komputer.

tips membeli komputer rakitan


Dalam dunia komputer, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya komputer rakitan. Kita bisa menentukan seperti apa spesifikasi yang kita butuhkan, RAM, harddisk/ssd, processor, VGA, motherboard, dll. Meskipun di pasaran banyak yang menyediakan komputer yang sudah jadi, atau menyediakan paket komputer rakitan sesuai budget yang kita miliki, tapi tidak ada salahnya jika kita memilih sendiri komponen yang akan kita gunakan. Kita tidak harus terpaku pada brosur yang disediakan toko. 

Lalu, apa saja yang perlu dipertimbangkan saat membeli komputer rakitan? 

5 Hal yang perlu diperhatikan saat membeli komputer rakitan :


1. Kebutuhan


Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan.

Untuk apa kita merakit komputer?

Setiap orang membeli komputer pasti karena kebutuhan, dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Ada yang membeli komputer hanya untuk belajar atau menulis. Ada yang untuk main game. Ada yang untuk desain. Dan, kebutuhan-kebutuhan itu juga yang akan menentukan seperti apa spesifikasi komputer yang akan dirakit.

Kebutuhan komputer yang hanya digunakan untuk menulis tentu sangat berbeda dengan kebutuhan untuk main game atau desain. Sangat disayangkan jika merakit komputer dengan harga jutaan sampai belasan juta dengan spesifikasi tinggi kalau ujung-ujungnya hanya digunakan untuk menulis.

2. Kualitas

Siapapun pasti ingin komputer yang kita beli awet dan tahan lama. Kualitas memang erat kaitannya dengan harga, tapi tidak semua yang murah itu jelek, ataupun yang mahal pasti bagus. Coba luangkan sedikit waktu untuk searching mencari review kualitas dari merk-merk yang ingin dibeli, kalau perlu gabung saja di forum-forum online dan minta saran merk dan tipe apa yang bagus, lalu coba bandingkan.

3. Keseimbangan

Dalam merakit komputer, sangat diperlukan keseimbangan antar perangkat di dalamnya. Misalnya, kita tidak mungkin memasangkan VGA dengan kualitas di atas rata-rata, misalnya radeon RX 570, dipasangkan dengan Power supply yang wattnya rendah. Atau, kita tidak mungkin menggunakan RAM dengan kapasitas 512 mb dengan processor core i7. Perangkat-perangkat itu tidak akan kuat, bahkan bisa merusak perangkat lain.

Atau, kita tidak perlu buang-buang uang membeli power supply dengan watt tinggi, misalnya 1650 watt, namun spesifikasi komputer yang dibangun biasa saja. Buat apa? Tapi, terserah sih kalau memang budget melimpah hehe...

Perhatikan juga tegangan listrik di rumah. Jangan sampai sudah senang-senang bisa merakit komputer sesuai dengan yang kita inginkan, namun tegangan listrik di rumah tidak cukup. Biasanya, semakin tinggi spesifikasi komputer, semakin tinggi juga konsumsi daya listrik yang dibutuhkan.

Intinya, merakit komputer harus sesuai dengan spesifikasi antar perangkat di dalamnya agar tidak mubadzir atau malah merusak perangkat lain.

4. Budget

Harga menentukan kualitas? Bisa jadi. Tapi, jangan berpatokan seperti itu. Kita bisa kok cari perangkat yang hampir sama kualitasnya namun dengan harga yang lebih miring. Atau, kita bisa cari perangkat dengan spesifikasi yang sama, namun dengan merk berbeda, dan pastinya harganya juga berbeda.

Seperti point nomor 1, harga komputer rakitar tergantung dari kebutuhan. Harga pc gaming pasti berbeda dengan harga komputer yang hanya digunakan hanya untuk menulis/ngeblog, atau hanya untuk pekerjaan kantor yang hanya mengandalkan aplikasi office. Semua ditentukan oleh spesifikasi hardware. Untuk yang tidak mau repot, sekarang ini sudah banyak situs untuk simulasi merakit komputer. Tinggal duduk di depan komputer, kita sudah tahu kisaran harga komputer yang ingin kita rakit. Tapi, lebih disarankan untuk datang langsung ke toko dan tanya-tanya dengan penjualny.

Jangan sampai tergiur merakit komputer dengan spesifikasi tinggi, tapi budget tidak mendukung. Jangan memaksakan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki.

Jadi, happy hunting. Siapa tau nemu barang mewah dengan harga murah hehe... 

5. Garansi

Ini yang paling penting. Berapa lama garansinya? Bagaimana proses klaim garansi? Berapa lama proses RMA (Return Merchandise Authorization)? 

Hal-hal seperti ini sangat perlu diperhatikan, terutama untuk perangkat dengan spesifikasi tinggi yang harganya cukup mahal. Tidak mau kan sudah beli mahal-mahal, tapi cepat rusak, eh gak bisa klaim garansi? Maka pilihlah produk yang peduli terhadap pelanggan dan mudah saat klaim garansi.

Meskipun begitu, semudah apapun klaim garansi, alangkah lebih baiknya kalau produk yang kita beli awet dan tahan lama, biar pelanggan senang karena tidak perlu repot bolak-balik klaim garansi, produsen pun senang karena tidak perlu mengganti barang yang sudah dibeli pelanggan karena rusak sebelum masa garansi habis. Sama-sama untung. Sama-sama senang.


Sekian tips dan trik membeli komputer rakitan. Semoga bisa mendapatkan harga pc gaming terbaik, untuk desain, ataupun hanya untuk belajar. Semoga bermanfaat dan happy hunting!


0 Response to "5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli komputer rakitan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel