Tutorial Cisco Packet Tracer : Menghubungkan Beberapa Komputer Menggunakan Hub/Switch

Pada tutorial kali ini kita akan membuat jaringan sederhana, yaitu menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan hub karena pada dasarnya fungsinya hampir sama dan tutorialnya juga sama (Baca : Perbedaan hub dan switch), tapi pada tutorial kali ini kita akan menggunakan switch. Jaringan yang akan kita buat ini adalah yang paling sederhana karena tidak membutuhkan konfigurasi khusus, hanya perlu memberikan ip address pada setiap komputer.

Pertama, buat desain jaringan seperti di bawah ini, atau terserah mau menempatkan berapa komputer. Untuk menambahkan pc, switch, hub, router, kabel, dll. menunya ada di bagian kiri bawah.

menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch

Lalu hubungkan setiap pc menggunakan kabel straight. Kenapa kabel straight? Karena kita akan menghubungkan dua perangkat yang berbeda, yaitu pc ke switch. (Baca : fungsi kabel straight dan cross)

Pilih kabel straight > klik pada pc0 > klik FastEthernet0.  

Menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch


Setelah itu klik pada switch > klik FastEthernet0/1 (atau terserah di port mana saja yang tersedia). Lakukan pada dua pc yang lain.

Menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch


Langkah selanjutnya adalah menambahkan Ip address pada masing-masing komputer. Ip address digunakan sebagai alamat sebuah komputer di dalam jaringan. 

Klik pada pc > lalu klik menu Desktop  > pilih IP Configuration. 

Menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch

Masukan ip address. Di sini kita akan menggunakan ip class C. Masukan ip pada setiap pc yang terpasang. Pada pc lain juga gunakan class ip yang sama namun dengan ip address yang berbeda.

Misalnya, pada pc0 kita menggunakan ip 192.168.0.2 dengan subnet mask 255.255.255.0, maka pada pc1 dan pc2 gunakan ip selain 192.168.0.2. Misalnya, gunakan 192.168.0.3, atau 192.168.0.4, dst. Namun gunakan subnet mask yang sama, karena subnet mask menunjukan class ip berada.

Menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch

Langkah terakhir, kita akan cek apakah setiap pc sudah bisa saling berhubungan atau tidak. 

Klik pada salah satu pc > klik Desktop > Comand Promp. 

Menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch

Setelah itu ping ke ip komputer lain. Caranya, pada command promp ketik ping <ip komputer lain>

Misalnya, ping 192.168.0.3.

Menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch

Status pada ping meunjukan Reply from 192.168.0.3. Itu artinya ping berhasil dan menandakan setiap komputer sudah bisa saling terhubung. Setelah itu kita bisa melakukan komunkasi antar komputer, misalnya sharing file

Demikian cara menghubungkan beberapa komputer menggunakan switch dengan cisco packet tracer. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Cisco Packet Tracer : Menghubungkan Beberapa Komputer Menggunakan Hub/Switch"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel