Perbedaan Hub dengan Switch

Hub dan switch memiliki peran penting untuk membuat jaringan komputer. Fungsi switch sama dengan fungsi hub yaitu untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan dan dapat saling berkomunikasi. Meskipun secara fisik memiliki fungsi yang sama, namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Cara kerja hub yaitu mendistribusikan paket data ke setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tanpa terkeciali, sedangkan fungsi switch yaitu mendistribusikan paket data kepada komputer yang membutuhkannya. 

Ibarat keran masjid yang berderet, hub seperti membuka semua keran yang ada dan mendistribusikan air ke semua keran tidak peduli terpakai atau tidak, sedangkan switch hanya membuka dan mengalirkan air ke salah satu keran yang dibutuhkan.
fungsi switch


Perbedaan hub dan switch :

1. Cara kerja

Hub akan menerima paket data, lalu mendistribusikan paket data tersebut ke setiap komputer yang terhubung ke jaringan. 

Switch akan menerima dan memproses paket data, lalu mendistribusikan paket data tersebut ke komputer yang membutuhkan.

2. Kecepatan

Switch memiliki kecepatan yang lebih baik dari hub, karena switch akan menyeleksi data dan mengirimkannya kepada yang membutuhkan, sedangkan hub hanya menyebar data ke setiap komputer di jaringan. 

3. Pengaturan

Hub tidak bisa disetting. Sedangkan switch dapat disetting siapa saja yang bisa terhubung dengannya, dan juga dapat digunakan untuk membagi segment ke dalam beberapa jaringan dengan cara membuat Virtual LAN (VLAN) di dalamnya. 

4. Letak pada OSI Layer

Hub terletak pada lapisan pertama, yaitu Physical Layer.

Switch terletak pada lapisan kedua, yaitu Data Link.

5. Harga 

Melihat dari fungsi yang ditawarkan, tidak heran harga switch lebih mahal daripada hub.

0 Response to "Perbedaan Hub dengan Switch"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel