Mengenal Bahasa Pemograman Erlang

Erlang? Mungkin sebagian dari kita belum begitu familiar dengan bahasa pemograman ini, tapi, siapa yang tidak tahu WahtsApp? Iya, aplikasi chatting yang begitu populer ini adalah aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemograma erlang. Bahkan, seperti yang dikatakan oleh Brian Acton, salah satu pendiri WhatsApp, dia dan timnya menggunakan OS FreeBSD. Siapa sangka aplikasi dan OS yang tidak begitu dilirik oleh kebanyakan orang bisa menciptakan aplikasi sekelas WhatsApp.



Lalu, apa itu Eralang? 

Menurut situs resminya, www.erlang.org: "Erlang is a programming language used to build massively scalable soft real-time systems with requirements on high availability. Some of its uses are in telecoms, banking, e-commerce, computer telephony and instant messaging. Erlang's runtime system has built-in support for concurrency, distribution and fault tolerance."

Erlang adalah bahasa pemograman yang berparadigma fungsional dan sangat berbeda dengan bahasa pemograman C, C++, atau Java yang berparadigma prosedural. Jadi, erlang lebih bersifat ekspresif dibanding dengan bahasa pemograman yang prosedural yang lebih mengarah kepada langkah-langkah.

Erlang dapat digunakan untuk mencipkatan aplikasi-aplikasi server-side yang sangat reliable, high performance, dan scalable.

Pada awalnya erlang hanya digunakan dalam lingkungan Ericsson, dan karena itulah banyak yang mengira kepanjangan erlang adalah Ericsson Language. Padahal, jika didalami lebih lanjut, erlang berasal dari nama pembuatnya: Agner Krarup Erlang.

Terima masukan dan ralat kalau ada yang salah :)


Sumber dan referensi:

0 Response to "Mengenal Bahasa Pemograman Erlang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel